Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 RESEP ANDALAN MENGOLAH JAMUR JADI HIDANGAN FAVORIT

11 RESEP ANDALAN MENGOLAH JAMUR JADI HIDANGAN FAVORIT - Hallo sahabat Blog Serba-Serbi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 11 RESEP ANDALAN MENGOLAH JAMUR JADI HIDANGAN FAVORIT, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Jamur, Artikel Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 11 RESEP ANDALAN MENGOLAH JAMUR JADI HIDANGAN FAVORIT
link : 11 RESEP ANDALAN MENGOLAH JAMUR JADI HIDANGAN FAVORIT

Baca juga


11 RESEP ANDALAN MENGOLAH JAMUR JADI HIDANGAN FAVORIT

11 RESEP ANDALAN MENGOLAH JAMUR JADI HIDANGAN FAVORIT

Akhir – akhir ini, jamur menjadi sangat populer di dunia kuliner Indonesia. pasalnya, banyak rumah makan yang menjadikan olahan jamu sebagai menu utamanya. Mulai dari jamur kancing hingga jamur kuping, semuanya bisa diolah menjadi hidangan yang lezat nan gurih untuk lauk pendamping.

Jamur juga bisa dijadikan alternatif lauk pengganti daging, rasanya yang mirip daging membuat jamur banyak digandrungi oleh semua kalangan terlebih para vegetarian. Kelebihan jamur lainnya adalah ternyata jamur lebih sehat dari pada daging karena kandungan lemak jenuhnya lebih rendah. Selain itu jamur juga bermanfaat bagi kesehatan otot, tulang dan saraf.

Harga yang murah, mudah didapat dan waktu memasak yang singkat. Itu tadi kelebihan lain saat anda mengolah jamur selain itu anda juga dapat memastikan kehigienisannya.jadi tunggu apa lagi, yuk buat jamur dengan resep – resep berikut ini! 

1. Resep Jamur Krispi

Daripada ngemilin snack yang berpengawet dan banyak msgnya, mending coba buat camilan sendiri yang pastinya sehat dan enak. Nah, kali ini Resep Mantan mau buat jamur krispy, kudapan yang simple dan praktis dibuat ini selain dijadikan cemilan bisa juga lho dijadikan sebagai lauk pendamping nasi.

Rasa jamur tiram yang kenyal, sangat pas buat dipadukan dengan krispinya tepung yang digoreng. Belum lagi kalau di cocol dengan saos atau sambel favorit, pasti gak ada yang nolak buat menyantapnya dan pasti gak bakal bisa berhenti makan.

Bahan – bahan :
  • 250 gram jamur tiram
  • Minyak (agak banyak), untuk menggoreng
Pencelup :
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh lada bubuk
  • 150 ml air es
Pelapis :
  • 250 gram tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung beras
  • ½ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh merica
  • ½ sendok teh garam

Cara membuat :
  1. Cuci bersih jamur tiram, lalu tiriskan. Setelah itu potong memanjang, sisihkan.
  2. Siapkan wadah, campur semua bahan pencelup. Aduk rata lalu sisihkan.
  3. Dalam wadah lain, masukkan semua bahan pelapis. Aduk rata lalu sisihkan.
  4. Panaskan minyak.
  5. Sementara itu, ambil satu potong jamur. Celupkan ke adonan pencelup sampai merata. Lalu gulingkan ke adonan pelapis  sampai terbalur rata. Ulangi proses ini hingga jamur habis.
  6. Setelah itu langsung goreng jamur dalam minyak panas hingga matang dan erwarna kecoklatan. Gunakan api sedang saat menggoreng.
  7. Kemudian angkat dan tiriskan. Jamur krispy siap di sajikan.

2. Resep Pepes Jamur Tiram Pedas

Ingin menimati makanan pedas yang terbuat dari jamur. Cocok banget nih, coba buat pepes jamur pedas. Dijamin rasanya pasti lezat dan bikin ketagihan.

Bahan – Bahan :
  • 200 gram jamur tiram 
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, geprek
  • 2 buah tomat
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Daun pisang secukupnya, untuk membungkus
Bumbu halus:
  • 25 buah cabai merah besar (untuk jumlah bisa disesuaikan dengan selera masing- masing)
  • 4 siung bawang merah
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kencur

Cara membuat :
  1. Pertama – tama cuci bersih jamur lalu peras. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak tumis bawang merah dan bawang putih.
  3. Kemudian masukkan bumbu halus, daun jeruk dan serai. Tumis hingga harum lalu beri sedikit air.
  4. Beri garam dan gula, koreksi rasa sesuai selera. Masak hingga air sedikit menyusut.
  5. Setelah itu masukkan jamur dan tomat, aduk rata. Ambil selembar daun pisang, masukkan 3 sampai 5 sendok jamur ke dalamnya. Ulangi proses ini hinga jamur habis.
  6. Siapkan kukusan yang sudah dipanaskan. Masukkan pepes, lalu kukus selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya ngakat pepes, lalu bakar (potional).
  7. Pepes jamur tiram sip disajikan.

3. Resep Praktis Tumis Jamur Kancing Sayur Pokcoy 

Bahan – bahan :
  • 3 buah sayur pok coy, iris sesuai selera atau diutuhkan
  • 250 gram jamur kancing, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 5 siung bawang merah, cincang halus
  • 2 buah cabai merah besar, buang isinya lalu iris tipis
  • 5 buah cabai rawit, iris tipis
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Membuat :
  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan cabai rawit dan cabai merah, tumis hingga semua bahan layu.
  2. Kemudian masukkan jamur kancing, aduk rata lalu tumis sebentar.
  3. Tambahkan pokcoy, garam dan gula secukupnya. Aduk rata dan masak hingga semua bahan matang.
  4. Setelah itu beri kaldu ayam bubuk dan kecap manis, koreksi rasa sesuai selera. Masak hingga mendidih.
  5. Angkat dan sajikan tumis jamur kancing sayur pokcoy selagi hangat. 

4. Resep Sate Jamur Tiram

Bosan sama sate berbahan dasar daging? Anda harus coba sate jamur. Rasa dan teskturnya tak jauh beda, karena sate jamur juga terasa lembut dan juicy. Cara buatnya hampir sama dengan sate pada umumnya, yaitu dengan cara menusukkan jamur ke tusuk sate setelah itu dimarinasi dalam bumbu selama beberapa saat, kemudian dibakar hingga matang dan disajikan bersama bumbu kacang.

Bahan – Bahan :
  • 200 gram jamur tiram, rebus
Bumbu Perendam :
  • 4 buah cabe rawit, haluskan
  • 1 sendok teh ketumbar, haluskan
  • 1 butir kemiri, haluskan
  • 1 sendok makan kecap manis 
  • Gula dan garam secukupnya
Bahan Olesan :
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan mentega

Cara Membuat :
  1. Campurkan semua bumbu perendam. Sisihkan.
  2. Tusukkan jamur ke tusuk sate. Setelah itu olesi dengan bumbu perendam dan diamkan selama kurang lebih 30 menit di lemari pendingin, agar bumbu menyerap sempurna.
  3. Setelah itu bakar sate jamur sambil diolesi dengan bahan olesan. Bakar sate jamur hingga matang merata.
  4. Kemudian anda bisa menyajikan sate jamur dengan sambal kecap atau sambal kacang.

5. Resep Tongseng Jamur Tiram Pedas Gurih Yang Lezat

Membuat tongseng enak gak harus pakai daging kambing atau sapi. Memakai jamur pun, anda tetap bisa membuat tong seng yang enak, gurih yang membuat siapa saja ketagihan.

Bahan – bahan :
  • 250 gram jamur tiram, potong sesuai selera
  • 1 buah wortel, potong – potong
  • 7 kembang kol, potong sesuai selera
  • 1 kotak tahu, potong dadu lalu goreng setengah matang
  • 1 buah tomat, belah menjadi 4 bagian
  • 1 batang daun bawang, iris – iris
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 7 buah cabai rawit, iris serong
  • Bawang merah goreng secukupnya, untuk taburan
Bumbu halus :
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 11 siung cabai rawit
  • 3 buah cabai rawit
  • Merica secukupnya
  • Garam secukpnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara membuat :
  1. Pertama – tama cuci bersih jaur lalu rebus hingga matang. Angkat lalu tiriskan. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan cabai rawit, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, wortel, daun bawang dan kembang kol. Aduk hingga rata.
  3. Kemudian masukkan jamur tiram ke dalam tumisan, aduk sebentar hingga mendidih.
  4. Setelah itu tambahkan tomat dan penyedap rasa seperti garam, gula dan kaldu ayam bubuk. Aduk hingga rata.
  5. Angkat dan sajikan tongseng jamur dengan nasi putih dan taburan bawang goreng. 

6. Resep Pepes Jamur Khas Sunda

Bahan – bahan :
  • 200 gram jamur tiram
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • Daun pisang secukupnya, untuk membungkus
Bumbu halus :
  • 5 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 buah tomat
  • 1 batang daun bawang, cincang halus
  • Garam secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya

Cara Membuat :
  1. Cuci bersih jamur tiram lalu tiriskan. Suwir atau potong jamur sesuai selera. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah, masukkan bumbu halus dan jamur ke dalamnya, tambahkan minyak sayur. aduk hingga rata.
  3. Setelah itu ambil selembar daun pisang, masukkan jamur secukupnya lalu bungkus.
  4. Kemudian kukus pepes jamur selama kurang lebih 15 menit dengan api sedang.
  5. Angkat dan sajikan pepes bersama nasi putih hangat. 

7. Resep Tumis Jamur Kancing Pedas

Biasanya makanan yang bercita rasa padas itu selalu menggugah selera makan, sama halnya dengan hidangan yang satu ini. Tumis jamur kancing dengan bumbu pedas ini memiliki rasa yang begitu lezat dan membuat ketagihan. Cara mambuatnya mudah dan sederhana, jadi anda tidak perlu kesulitan didapur.
Buat yang udah penasaran, yuk simak baik – baik resep di bawah ini. 

Bahan – bahan :
  • 100 gram jamur kancing
  • 100 gram udang, kupas dan buang kepalanya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 100 ml air
Bumbu tumis :
  • 1 buah paprika kuning, potong dadu
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 buah  bawang bombay, potong dadu
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • Merica bubuk secukupnya
  • 2 sendok makan saus tiram
  • Garam secukupnya
  • 3 buah cabai merah, haluskan
  • 10 buah cabai rawit, haluskan
  • Gula pasir secukupnya

Cara membuat :
  1. Pertama – tama cuci bersih jamur kancing, lalu potong – potong sesuai selera. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hinga harum dan matang merata.
  3. Setelah itu tambahkan  cabai yang sudah dihaluskan. Tumis hingga matang lalu masukkan udang . masak hingga udang matang dan berubah warna.
  4. Kemudian masukkan paprika dan jamur, aduk rata dan tumis hingga semua bahan layu.
  5. Tambahkan air, merica, saus tiram, garam dan gula pasir. Aduk hingga rata lalu masak hingga bumbu meresap.
  6. Terakhir masukkan daun bawang, aduk sebentar kemudian angkat dan sajikan tumis jamur kancing pedas dengan nasi putih dan lauk pelengkap lainnya.

8. Resep Rendang Jamur

Nah, kalo resep kali ini buat anda yang inin mengolah jamur tiram dengan budget ekonomis sekaligus bergizi. Jamur tiram memang selalu cocok di olah jadi masakan apapun mulai dari didoreng, ditumis, di sate hingga direndang.

Rendang jamur ini memiliki rasa yang lembut, pedas dan gurih dengan bumbu yang kaya. Tak kalah enak dari rendang daging. Masakan ini juga cocok buat anda yang gak bisa makan daging tapi masih ingin merasakan kelezatan rendang khas minang. Gak usah berlama – lama lagi, langsung aja simak resep berikut ini.

Bahan – bahan :
  • 300 gram jamur tiram
  • 3 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 ruas jari lengkuas
  • 1 lembar daun salam
  • 500 ml santan
  • 3 sendok makan minyak, untuk menumis
Bumbu halus :
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 6 buah cabai merah
  • ½ sendok teh ketumbar
  • ¼ sendok teh jinten
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat :
  1. Panaskan minyak, tumis bawawang merah hingga harum.
  2. Setelah itu tambahkan bumbu halus, daun salam, lengkuas dan gula. Tumis hingga bumbu harum dan matang.
  3. Kemudian masukkan santan, aduk terus hingga mendidih. Masak hingga santan menyusut dan mengental.
  4. Selanjutnya masukkan jamur tiram, aduk rata dan masak hingga santan hampir habis dan mengeluarkan minyak.
  5. Rendang jamur siap disajikan.

Tips :
  • Hindari membeli jamur yang berwarna keabu – abuan, layu, basah dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. 

9. Resep Jamur Crispy Saus Asam Manis

Bahan – bahan :
  • 250 gram jamur tiram, suwir – suwir 
  • 1 butir telur ayam
  • ¼ sendok teh kaldu ayam bubuk
  • Minyak secukupnya
Adonan tepung :
(campurkan semua bahan dan aduk rata)
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung maizena
  • 1 sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk
Bahan Saus :
  • ½ buah bawang Bombay, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan saus sambal
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 3 sendok teh gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 100 ml air putih
  • 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan 2 sendok makan air
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
  1. Pertama – tama kocok telur dan kaldu ayam bubuk. Sisihkan.
  2. Kemudian celupkan suwiran jamur ke dalam kocokan telur, lalu masukkan ke adonan tepung sembari diratakan dan tekan perlahan. Lakukan hingga jamur habis.
  3. Setelah itu panaskan minyak, lalu goreng jamur diatas api sedang hingga berwarna kecoklatan. Angkat lalu tiriskan.
  4. Membuat saus : tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan berubah warna menjadi keemasan, lalu masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, garam dan gula pasir.
  5. Tambahkan air, aduk rata. masak hingga mendidih.
  6. Selanjutnya masukkan larutan tepung maizena dan masak saus hingga mengental. Angkat.
  7. Siapkan piring saji, tata jamur dan tuangkan saus diatasnya atau anda bisa menghidangkan saus dan jamur secara terpisah. 

10. Resep Pepes Jamur

Bahan – bahan :
  • 150 gram jamur merang, potong menjadi 4 bagian
  • 50 gram jamur kuping, iris – iris
  • 2 buah cabai merah besar, buang bijinya lalu iris serong
  • 6 buah cabai rawit
  • ½ sendok teh kaldu jamur
  • 3 lembar daun salam, sobek – sobek
  • 4 lembar daun jeruk, sobek – sobek
  • 65 ml santan kental instan
  • ½ sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya, untuk membungkus
Bumbu halus :
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri, sangrai

Cara membuat :
  1. Siapkan wadah, campurkan semua bahan pepes dan bumbu halus. Aduk hingga merata.
  2. Setelah itu bungkus campuran bahan pepes dengan daun pisang lalu sematkan kedua ujung daun dengan tusuk gigi atau lidi.
  3. Siapkan panci panas, kukus pepes kuragn lebih selama 20 menit dengan api sedang.
  4. Pepes jamur siap disajikan.

Tips :
  • Jenis jamurnya bisa diganti sesuai dengan selera masing – masing. Misalnya di ganti jamur tiram.
  • Tingkat kepedasannya juga disesuaikan dengan selera masing – masing ya.
  • Agar daun pisang lentur dan mudah dibentuk, anda bisa memanaskanya sebentar di atas api kompor agar layu. 

11. Resep Sederhana Tumis Jamur Tiram Pedas Gurih

Walaupun kelihatannya sederhana, tapi masakan ini selalu jadi favorit banyak orang. Rasanya yang lezat selalu bikin ketagihan mencobanya.

Bahan – bahan :
  • 500 gram jamur tiram 
  • 100 ml air 
  • Minyak secukupnya
  • 17 buah cabe rawit, haluskan
  • 3 buah cabe merah besar, buang bijinya lalu iris serong
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 5 siung bawang merah, haluskan
  • 1 buah tomat, belah menjadi 4
  • 3 sdm saus tiram 
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya

Cara Membuat :
  1. Suwir – suwir jamur tiram sesuai selera, sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis cabe rawit, bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan, aduk rata. Tambahkan cabe merah besar dan saus tiram. Tumis hingga bumbu matang dan harum.
  3. Setelah itu masukkan jamur tiram, aduk rata.
  4. Tambahkan garam, gula, lada buuk, kaldu ayam bubuk dan tomat. Aduk hingga rata, koreksi rasa sesuai selera.
  5. Selanjutnya beri sedikit air ke ke dalam tumisan dan masak hingga matang, bumbu meresap serta air menyusut.
  6. Angkat dan sajikan.

Jangan lupa untuk membagikan 11 Resep Andalan Mengolah Jamur Jadi Hidangan Favorit kepada teman, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar menu masakan apa yang anda inginkan untuk saya bagikan selanjutnya.


Demikianlah Artikel 11 RESEP ANDALAN MENGOLAH JAMUR JADI HIDANGAN FAVORIT

Sekianlah artikel 11 RESEP ANDALAN MENGOLAH JAMUR JADI HIDANGAN FAVORIT kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 11 RESEP ANDALAN MENGOLAH JAMUR JADI HIDANGAN FAVORIT dengan alamat link https://www.bitchville.me/2018/12/11-resep-andalan-mengolah-jamur-jadi.html

Posting Komentar untuk "11 RESEP ANDALAN MENGOLAH JAMUR JADI HIDANGAN FAVORIT"